detikcom
Jumat, 18/10/2013 01:47 WIB

BNN Tingkatkan Profesionalitas Konselor Adiksi Peningkatan Kurikulum

Rivki - detikRamadan
Jakarta - Guna memantapkan keterampilan petugas rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) secara profesional dan tersertifikasi. Untuk itu BNN menjalankan Program Konseling Kurikulum Bagi Konselor Adiksi.

"Salah satu tugas pokok dan fungsi BNN dalam pelaksanaan P4GN adalah peningkatan SDM secara profesional dan hal ini sejalan dengan Drug Free Asean 2015," ujar Direktur Lembaga Penguatan Rehabilitasi Instansi Pemerintah Deputi Bidang Rehabilitasi BNN Brigjen Ida Oetari Poernamasasi dalam siaran persnya kepada detikcom, Kamis (17/10/2013).

Dia mengatakan, salah satu indikator di bidang terapi rehabilitasi adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang tersertifikasi. Sertifikasi konselor adiksi diperlukan agar tersedianya tenaga konselor yang memiliki kompetensi sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan serta mendapat pengakuan sebagai tenaga profesional dalam bidang adiksi.

"Sasarannya antara lain tenaga konselor adiksi sebagai ujung tombak pelaksana pelayanan terapi dan rehabilitasi bagi korban penyalahgunaan narkoba," tuturnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 10 hari, 16 hingga 24 Oktober 2013 di Balai Diklat BNN Lido Sukabumi. Peserta diklat tersebut berjumlah 25 orang. Mereka berasal dari beragam daerah.

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar petugas rehabilitasi memiliki keterampilan konseling dalam pelaksanan rehabilitasi di lembaga rehabilitasi yang dapat digunakan dalam program pemulihan bagi penyalahguna atau pecandu narkoba.

Dengan begitu, petugas bisa menjalankan program rehabilitasi sesuai dengan standar rehabilitasi, terutama bagi sumber daya manusia dalam hal ini konselor adiksi sebagai salah satu SDM yang dibutuhkan dalam program rehabilitasi narkoba.

( rvk / mok )


Komentar (0 Komentar)

     atau daftar untuk mengirim komentar
    Tampilkan Komentar di:        

    Twitter Recommendation
    Redaksi: ramdhan[at]detik.com
    Informasi pemasangan iklan
    Hubungi sales[at]detik.com

    Kirim Pertanyaan + Indeks
    MustRead close