detikcom
Minggu, 18/08/2013 16:45 WIB

As-Syafiiyah, Taman Al-Quran di Pulo Air Sukabumi

Aji Setiawan - detikRamadan
Halaman 1 dari 5
Jakarta - Pesantren Al-Qur’an KH Abdullah Syafi’ie As-Syafi’iyah, semula merupakan kawasan wisata Pulo Air, Sukalarang Kabupaten Sukabumi milik H Sukarno. Sekarang Taman pendidikan modern ini telah berkembang menjadi Taman Kanak-Kanak Islam sampai Sekolah Menengah Atas Islam (SMAI) dan Mahad Ali Pondok Pesantren Al Qur’an Sukabumi.

Pulo Air, sebuah nama yang semula amat dikenal oleh masyarakat luas sebagai sebuah tempat persinggahan dan Taman Rekreasi yang indah. Di tempat itu terdapat pemandangan hijaunya pegunungan yang lengkap dengan telaga dari Gunung Gede.

Tempat indah seluas 3,3 hektar ini adalah milik seorang pengusaha rumah makan terkenal, “Lembur Kuring” di bilangan Senayan Jakarta, beliau adalah H Soekarno.

Pada suatu waktu di tahun 1987, beliau mendengar ceramah agama tentang suasana dan keindahan surga, sebagai bentuk ganjaran kepada para hamba Allah yang beriman dan bertaqwa. Dalam ceramah itu, disebutkan tentang air sungai yang mengalir abadi dan berbagai keindahan pemandangan di dalam surga. Teringatlah beliau akan salah satu aset usahanya, berupa Taman Rekreasi Pulo Air di Sukabumi, yang memiliki aliran sungai yang senantiasa mengalir dan keindahan alam yang luar biasa, laksana surga di dunia.

Ceramah tersebut rupanya sangat membekas di hatinya, tak terbayangkan keindahan surga milik Allah yang begitu sempurna. Terlintas di benaknya untuk menyerahkan "surga dunia" miliknya itu kepada Allah dengan mewakafkannya untuk kepentingan agama dengan harapan Allah menggantinya dengan surga abadi di akhirat kelak.

Untuk memenuhi keinginannya tersebut, beliau menghubungi KH Abdul Rasyid Abdullah Syafi’ie, putra dari sahabatnya, KH Abdullah Syafi’ie, Pendiri Yayasan Perguruan Islam As Syafi’iyah yang telah lebih dulu wafat (1985). Disampaikanlah niat tersebut dan mengundang KH Abdul Rasyid AS untuk dapat melihat dan menyaksikan keindahan Taman Wisata Pulo Air miliknya.

"H Soekarno mengajak saya untuk pergi ke Sukabumi, mampir ke tempat usahanya, yakni Restoran Nikmat. Letak persisnya di Jalan Raya Cianjur –Sukabumi Kilometer 10 atau lebih tepatnya Kampung Pulo Air Kecamatan Sukalarang Kabupaten Sukabumi," kenang KH Abdul Rasyid Abdullah Syafi’i mengawali cerita tentang awal mula berdirinya Pondok Pesantren yang kini ia kelola.Next

Halaman 1 2 3 4 5


( sip / sip )



Twitter Recommendation
Redaksi: ramdhan[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com

Kirim Pertanyaan + Indeks