detikcom
Kamis, 01/08/2013 16:01 WIB

Operasi Candi 2013, Polres Banyumas Turunkan 1.345 Personel Amankan Mudik

Arbi Anugrah - detikRamadan
Banyumas - Polres Banyumas menerjunkan 1.345 personelnya untuk pengamanan mudik lebaran tahun ini. Pengerahan personel tersebut merupakan bagian dari Operasi Candi 2013.

"Pengamanan, untuk operasi Candi 2013, Polri didukung dari unsur TNI, Satpol PP Polri serta Ormas sebanyak 1.345 personel, yang jelas Polres Banyumas siap mengamankan Operasi Ketupat Candi karena ini kegiatan kemanusiaan," Kata Kapolres Banyumas AKBP Dwiyono usai apel siaga dalam rangka Operasi Candi 2013 di GOR Satria Purwokerto, Banyumas, Kamis (1/8/2013).

Dwiyono juga mengatakan Polres Banyumas sudah mempersiapkan 13 pos pengamanan yang tersebar di sepanjang wilayah Banyumas, terutama di jalur yang dilintasi para pemudik serta pos pelayanan yang berada di terminal, stasiun serta obyek wisata.

Menurut dia, ada sejumlah titik kemacetan di wilayah Banyumas yang nantinya mesti diwaspadai saat memasuki arus mudik lebaran, yakni di seputaran pasar dan perlintasan kereta api Sumpiuh. Biasanya di lokasi tersebut pada saat mendekati hari H bisa ada 90 sampai 100 kereta api melintas

"Dan biasa kendaraan menumpuk di malam hari sehingga menimbulkan kemacetan yang luar biasa. Kemudian di seputaran perempatan Buntu adanya titik temu kendaraan dari arah Banyumas-Semarang dan dari jalur selatan. Kemudian perempatan Wangon, adanya pertemuan kendaraan dari jalur selatan dan jalur tengah," jelasnya.

Selain itu di jalur selatan daerah Lumbir, di sepanjang jalan tersebut, kondisi jalan sempit, berkelok dan bergelombang. Kemudian di pertigaan Ajibarang yang merupakan perlintasan antara jalur tengah dan jalur selatan yang menuju kota Purwokerto maupun menuju Semarang. Lalu di sekitar wilayah Pakuncen, di sana ada perlintasan kereta yang masuk wilayah Paguyangan, Brebes yang biasanya jika terjadi kemacetan bisa mencapai wilayah Ajibarang.

"Kami mengimbau agar para pemudik yang melintasi jalur selatan saat memasuki jalur Lumbir agar berhati-hati. Untuk mengatasi kemacetan ini kami sudah membuat pagar pengaman, membentuk tim pengurai kemacetan dari Satlantas yang siap melaksanakan pengaman 24 jam dan akan langsung saya pimpin di tempat-tempat keramaian atau di titik-titik kemacetan," jelas Dwiyono.

Sementara untuk pasar tumpah yang ada di wilayah Banyumas berada di pasar Patikraja, di pasar tersebut terdapat pertigaan. Oleh karena itu pihaknya memasang pagar pengaman sehingga tidak sembarang kendaraan dapat menyalip kendaraan lain di depannya. Kemudian pasar tumpah lainnya yaitu pasar Wijahan di daerah Kemranjen.

Sedangkan untuk pengamanan menjelang Idul Fitri pihaknya juga sudah melakukan pengamanan di obyek-obyek vital seperti perbankan, toko emas dan penggadaian.

"Saya perintahkan seluruh anggota untuk aktif berjaga dan seluruh mobil oprasi harus berada di tempat keramaian," ungkapnya.

( arb / rmd )


Komentar (0 Komentar)

     atau daftar untuk mengirim komentar
    Tampilkan Komentar di:        

    Twitter Recommendation
    Redaksi: ramdhan[at]detik.com
    Informasi pemasangan iklan
    Hubungi sales[at]detik.com

    Kirim Pertanyaan + Indeks
    MustRead close