detikcom
Dewan Pakar
Muhammad Arifin, MA
Anggota Dewan Pakar Pusat Studi Al-Qur’an
Ketua Yayasan Asy-Syihab, Kotabumi, Lampung
Jumat, 26/07/2013 14:44 WIB

Quran & Answer

Kentut Saat Salat Berjamaah, Bagaimana Caranya Keluar dari Shaf?

Alifmagz - detikRamadan
Tanya:

Assalamu'alaikum.
Saya mau bertanya pada saat salat berjamaah di Masjid ketika sedang salat tidak sengaja buang angin. Jadi wudhunya batal. Bagaimana caranya agar saya bisa keluar dari shaf salat untuk mengambil wudhu sedangkan di belakang ada orang yang sedang salat juga? Sehingga salat saya tidak sah..


(heris.putra@yahoo.co.id)



Jawab:

Kita memang dilarang melewat di depan orang yang sedang salat. Kalau orang itu salat sendiri, yang dianggap sebagai "depan" adalah bagian depannya selama tidak ada pembatas. Jika orang itu salat sendiri dan meletakkan semacam pembatas di depannya (bisa berupa tas, misalnya, atau lekar untuk membaca mushaf, atau sekadar benda apa saja), maka lewat di depan pembatas itu tidak dianggap lewat di depan orang salat. Ada juga ulama yang berpandangan bahwa jika jarak antara orang yang lewat dengan orang yang salat itu jauh di depan tempat sujudnya, itu tidak diangga lewat di depan orang salat.

Jika orang salat berjamaah, maka yang dianggap bagian "depan" adalah depannya imam. Atas dasar itu, jika kita sedang berada di tengah-tenga jamaah, lalu keluar angin, kita boleh keluar dari jamaah untuk berwudu walaupun harus melewati orang salat. Ketika itu kita tidak dianggap lewat di depan orang salat, karena bagian depan orang salat jamaah adalah depannya imam. Apalagi keluar dari shaf karena batal wudu itu termasuk keadaan darurat. Tentu saja kita tetap dituntut untuk menjaga ketenangan orang berjamaah.

Demkian, wallahu a'lam.

( rmd / rmd )



Twitter Recommendation
Redaksi: ramdhan[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com

Kirim Pertanyaan + Indeks