detikcom
Kamis, 25/07/2013 17:04 WIB

Tahun Politik, Jumlah Bus Mudik Gratis Diperkirakan Meningkat

Muchus Budi R. - detikRamadan
Solo - Jumlah bus mudik gratis tahun ini diperkirakan meningkat dibanding tahun lalu. Peningkatan jumlah bus mudik gratis ini karena mendekati pemilu tahun depan. Banyak parpol yang menyediakan bus mudik gratis sebagai sarana pencitraan.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Sudrajat, memaparkan lebaran tahun 2012 lalu jumlah armada bus mudik gratis yang disewa parpol tujuan Jakarta menuju Solo mencapai 550 unit. Dia memperkirakan tahun ini akan melonjak tajam hingga mencapai 700 unit bus atau bahkan lebih.

"Selain parpol ada juga caleg yang melakukan memfasilitasi mudik gratis. Selain itu ada juga mudik gratis yang dikelola oleh perusahaan tertentu untuk para karyawan atau rekannya yang memang sudah beberapa tahun terakhir berjalan," kata Yosca, Kamis (25/7/2013.

Yosca mengatakan informasi kenaikan jumlah bus mudik gratis itu diperolehnya dari Jakarta. Jumlah tersebut dimungkinkan lebih besar lagi, karena pihak parpol yang menyewa bus itu seringkali tidak melaporkannya ke dinas terkait di Jakarta.



( mbr / rmd )



Twitter Recommendation
Redaksi: ramdhan[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com