detikcom
Selasa, 16/07/2013 14:01 WIB

Kaligrafi Jarum Pentul, Buah Tangan Pas untuk Lebaran

Reynita Carlina - detikRamadan
Surabaya - Lebaran memang masih lama menghampiri kita. Namun tak ada salahnya anda bersiap untuk hari besar yang satu ini. Termasuk menyiapkan bingkisan ketika bertemu sanak saudara nanti. Lalu, bagaimana kalau menjadikan kaligrafi jarum pentul sebagai buah tangan untuk keluarga anda lebaran nanti?

Adalah Lila Lestari (35) dan Mustafa (37) yang menjadikan jarum pentul sebagai karya seni bernilai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Usaha yang dirintis oleh orangtuanya sejak awal tahun 1990-an awal ini memanfaatkan jarum pentul dan benang manilon.

"Ini usaha orangtua, tapi sekarang saya dan suami ikut meneruskan," terang Lila saat berbincang dengan Detikramadan di kediamannya di Bulak Rukem Gang 2 Nomor 17, Selasa (16/7/2013).

Jadi, jarum pentul ditancapkan di pola yang sudah dibuat diatas triplek. Kemudian, benang manilon dikaitkan dari satu jarum ke jarum yang lain. Pengerjaannya tak sembarangan. Harus dengan ketelitian. Karena setiap kaligrafi yang merupakan huruf arab, tebal tipis huruf harus diperhatikan.

"Ada kalanya tebal di beberapa titik. Menyesuaikan pola yang sudah dibuat saja," tutur Lila.

Ditanya tentang kesulitan yang dialami, Lila menjelaskan bahwa jarum pentul yang digunakan harus di impor dari China atau Korea.

"Sulitnya itu bahan baku jarum pentulnya. Kita harus impor dari China atau Korea. Indonesia buat bikin jarum saja masih susah," ungkap Lila.

Penjualan produk UKM Lila ternyata sudah merambah seluruh Indonesia. Bahkan, negara tetangga seperti Malaysia pun sudah mulai dirambah.

"Waktu itu kita sempat ikut pameran Dekranasda di Jakarta, dari situ ketahuan kalau produk kita banyak dicari, bahkan kami mengantongi order yang cukup tinggi kala itu," terang mantan Guru SD Muhammadiyah Kreatif 20 ini.

Bahkan, untuk bulan puasa kali ini, kenaikan omzet Lila mencapai hingga 50% lebih.

"Alhamdulillah, omzet kami naik 50% lebih bulan ramadan kali ini," pungkas Lila.

( rmd / rmd )


Komentar (0 Komentar)

     atau daftar untuk mengirim komentar
    Tampilkan Komentar di:        

    Twitter Recommendation
    Redaksi: ramdhan[at]detik.com
    Informasi pemasangan iklan
    Hubungi sales[at]detik.com

    Kirim Pertanyaan + Indeks
    MustRead close