detikcom
Senin, 15/07/2013 08:59 WIB

Penceramah Ramadan Masjid Sunda Kelapa, dari JK hingga Dahlan Iskan

Midi Hardiani - detikRamadan
Jakarta - Masjid Sunda Kelapa termasuk salah satu masjid di Jakarta yang ramai dikunjungi jamaah di bulan Ramadan. Kegiatan di masjid ini pun tak kalah semarak dengan masjid besar lainnya. Sejumlah cendekiawan muslim terkenal juga bergantian menjadi penceramah di masjid ini.

"Untuk Ramadan tahun ini, kami telah membuat jadwal kegiatan dan ceramah Ramadan yang diisi oleh beberapa penceramah nasional. Jadwalnya bisa dilihat," ujar H Mulyadi, Ketua Panitia Ramadan yang juga menjabat sebagai Wakil Bidang Dakwah Masjid Agung Sunda Kelapa kepada detikramadan, Sabtu (13/7/2013) lalu.

Mulyadi mengatakan jamaah yang hadir di masjid ini tidak hanya warga sekitar masjid masjid, melainkan juga banyak dari sekitar Jabotabek. Para jamaah yang hadir karena tertarik dengan penceramah yang mengisi di masjid ini.

Berdasarkan jadwal ceramah yang diterima detikramadan, sejumlah cendekiawan nasional telah terjadwal mengisi ceramah, baik ceramah setelah salat zuhur maupun setelah salat tarawih. Beberapa di antaranya seperti Wakil Menteri Agama, Prof Dr H Nasaruddin Umar; imam besar masjid Istiqlal, Prof Dr KH Ali Mustafa Yaqub; Menteri BUMN, Dahlan Iskan yang mengisi ceramah pada Sabtu 13 Juli 2013 kemarin; Mantan Wakil Presiden sekaligus Ketua PMI, Jusuf Kalla yang dijadwalkan mengisi ceramah pada Selasa 16 Juli 2013; Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Prof Dr KH Didin Hafidhuddin; Prof Dr Hj Tuty Alawiyah; dan cendekiawan muslim dari Pusat Studi Alquran (PSQ) Dr Quraish Shihab.

Selain penceramah, Masjid Sunda Kelapa juga menghadirkan beberapa imam salat dari Timur Tengah dan Madinah, seperti Syeikh Muhammad Saleh Ali Jaber, Syeikh Essam Faraj AlMijzaji, dan Syeikh Saad No'mani, dan Syeikh Ali Saleh Al Jaber.

Masjid yang terletak di Jalan Taman Sunda Kelapa No 16 Menteng Jakarta Pusat ini juga mengadakan sejumlah kegiatan rutin yang positif. Diantaranya Kuliah Dhuha, Tarawih, I'Tikaf, dan menyediakan takjil untuk 1000 jamaah setiap harinya.



( rmd / rmd )



Twitter Recommendation
Redaksi: ramdhan[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com

Kirim Pertanyaan + Indeks
MustRead close