detikcom
Sabtu, 25/08/2012 10:52 WIB

Seri Kota-Kota yang Dimuliakan

Mesir

- detikRamadan
Masjid Universitas Al-Azhar Mesir
Jakarta - “Dan Kami hendak memberi karunia kepada orang-orang yang tertindas di bumi (Mesir) itu dan hendak menjadikan mereka pemimpin dan menjadikan mereka orang-orang yang mewarisi bumi.” (QS Al-Qashas[28]: 5)

Mesir dengan segala peradabannya, merupakan negeri yang sangat terkenal sejak dahulu. Di negeri inilah lahir tokoh-tokoh ilmuwan muslim yang mewarnai sejarah perkembangan ilmu pengetahuan di dunia. Tidak kurang dari Seratus Empat Ribu masjid yang berdiri di sana menjadikan negeri ini dijuluki Negeri Seribu Menara.

Sejarah negeri Mesir sangat melekat dengan kisah nabi Musa as dengan Sungai Nil nya, sungai terpanjang di dunia yang melintasi sembilan negara di Afrika dan menjadi jantung perekonomian masyarakat Mesir. Terselip pula kisah Fir’aun dengan Piramida dan kemajuan teknologi yang dimilikinya. Negeri Mesir adalah negeri tempat diutusnya para nabi dan rasul serta menjadi tempat tinggalnya orang-orang shaleh.

Dunia Islam kini mengenal Mesir sebagai negeri para ulama besar dunia. Masyarakat Mesir sendiri menjulukinya ummuddun-ya atau ibu peradaban dunia. Sebut saja beberapa ulama besar yang bermukim di sana, semisal Sayyid Qutb dan Hasan Al Banna. Di sana pula dimakamkan sahabat Rasulullah saw, Amru bin Ash, dan Imam Syafi’i. Ada pula kisah Nabi Yusuf as, sang bendaharawan yang telah menyelamatkan Mesir dari masa paceklik dan krisis ekonomi yang panjang. Sebuah kisah yang memuat pesan keutamaan ilmu dalam sebuah kepemimpinan.

Kehadiran Al Azhar sebagai Universitas tertua dan terkemuka di dunia, hingga kini tetap menjadi kiblat ilmu pengetahuan dan sentral kegiatan dunia Islam.


Wallahu a’lam bish-shawab

( rmd / rmd )


Komentar (0 Komentar)

     atau daftar untuk mengirim komentar
    Tampilkan Komentar di:        

    Twitter Recommendation
    Redaksi: ramdhan[at]detik.com
    Informasi pemasangan iklan
    Hubungi sales[at]detik.com

    berita
    terbaru
    Kirim Pertanyaan + Indeks
    MustRead close