detikcom
Sabtu, 11/08/2012 09:09 WIB

Intisari Kandungan Surah Nuh Ayat 21-28

alifmagz - detikRamadan
Jakarta - Kaum Nabi Nuh as yang dinasihati dengan aneka nasihat itu tidak hirau untuk menyambut ajakan beliau, maka setelah sekian lama berdakwah tanpa hasil yang memadai: Nabi Nuh as berdoa: "Tuhan Pemeliharaku! Sungguh mereka, yakni hampir semua yang kuajak, telah mendurhakaiku, mereka bersungguh-sungguh mengikuti para pemuka mereka yang harta dan anak-anaknya demikian banyak tidak menambah kepada mereka masing-masing, yakni di akhirat nanti, melainkan kerugian belaka [21]. Para pemuka itu melakukan tipu daya yang sangat besar untuk menghalang-halangiku menyampaikan dakwah” [22].

Mereka berkata dalam upaya menggagalkan ajakanku bahwa: “Jangan sekali-kali dan dalam keadaan apa pun kamu meninggalkan penyembahan tuhan-tuhan kamu!” Untuk menegaskan larangan itu, mereka menyebut satu demi satu berhala-berhala yang mereka sembah sambil mengulangi kalimat larangan yang tegas yakni “Jangan sekali-kali kamu meninggalkan penyembahan Wadd dan jangan pula Suwa'a, dan jangan juga Yagts, dan Ya'uq, dan Nasr” [23].

Nabi Nuh as. melanjutkan doanya, bahwa: “Sungguh mereka dengan menggunakan berhala-berhala itu, telah menyesatkan banyak manusia! Wahai Tuhan, janganlah engkau tambahkan bagi para pendurhaka itu kecuali kerugian dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang telah mendarah daging kezalimannya selain kesesatan” [24].

Ayat 25 mengisyaratkan bahwa bukan karena doa Nabi Nuh as mereka disiksa tetapi tegas ayat 25: Hanya disebabkan oleh dosa-dosa mereka, sehingga mereka ditenggelamkan oleh topan dan banjir besar yang dikirim Allah swt. kepada para pendurhaka itu, lalu segera setelah ditenggelamkan, mereka pasti akan dimasukkan ke api neraka yang amat dahsyat.89 Mereka tidak mendapat penolong-penolong yang dapat menyelamatkan, bahkan meringankan azab mereka selain Allah swt. [25].

Akhirnya, setelah Nabi Nuh as yakin akan kebejatan kaumnya yang tidak dapat diperbaiki lagi, bahkan bila dibiarkan akan merusak generasi sesudahnya, maka Nabi Nuh as berdoa: “Tuhan Pemelihara dan Pembimbingku dan yang selama ini selalu berbuat baik kepadaku, janganlah Engkau biarkan di atas permukaan bumi ini, di antara orang-orang kafir yang mantap kekufurannya itu, seorang pun yang bergerak dan lalu lalang [26].

Sungguh jika Engkau membiarkan mereka tinggal hidup di bumi ini dalam keadaan kafir, niscaya mereka akan menyesatkan hamba-hamba- Mu, yakni yang taat atau yang berdosa, tetapi mulai sadar dan ingin bertaubat, dan mereka—jika Engkau biarkan hidup di dunia—tidak akan melahirkan anak keturunan selain anak-anak yang akan mereka didik meneladani mereka sehingga anak-anak mereka pun setelah dewasa akan menjadi manusia fajir, yakni orang yang selalu berbuat maksiat lagi sangat kafir, yakni selalu menutupi kebenaran dan durhaka kepada Allah swt.” [27].

Surah ini ditutup dengan merekam penutup doa Nabi Nuh as yang menyatakan: “Tuhan Pemeliharaku! Ampunilah aku dan kedua ibu bapakku, atau kedua anaku yang beriman, serta siapa yang masuk ke rumahku dalam keadaan Mukmin, dan ampuni juga orang-orang Mukmin laki-laki dan Mukmin perempuan secara umum dan janganlah Engkau tambahkan buat mereka kecuali kebahagiaan, dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang zalim yang telah mendarah daging kezalimannya selain kebinasaan” [28].

Awal surah ini menampilkan nasihat dan tuntunan Nabi Nuh as kepada kaumnya agar mereka beriman, sehingga Allah swt tidak menjatuhkan siksa atas mereka. Akhir surah berbicara tentang penyiksaan kaum Nabi Nuh as setelah terbukti keengganan mereka beriman. Uraian akhir surah ini serta doa keselamatan bagi yang taat dan kebinasaan bagi yang durhaka, merupakan penegasan tentang uraian awalnya. Demikian bertemu awal surah dan akhirnya. Demikian, wa Allah A‘lam.

( rmd / rmd )


Komentar (0 Komentar)

     atau daftar untuk mengirim komentar
    Tampilkan Komentar di:        

    Twitter Recommendation
    Redaksi: ramdhan[at]detik.com
    Informasi pemasangan iklan
    Hubungi sales[at]detik.com

    berita
    terbaru
    Kirim Pertanyaan + Indeks
    MustRead close