detikcom
Senin, 06/08/2012 08:15 WIB

Intisari Kandungan Surah Al Qalam Ayat 8-16

alifmagz - detikRamadan
Halaman 1 dari 3
Jakarta - Ayat-ayat yang lalu mengukuhkan pernyataan ayat-ayat sebelumnya yang menegaskan keluhuran budi pekerti Nabi Muhammad saw, serta keberadaan beliau dalam bimbingan dan petunjuk Allah swt. Karena itu, ayat-ayat berikut menegaskan konsekuensi hal di atas dengan menyatakan: “Jika demikian itu sifat dan keadaanmu, wahai Nabi Muhammad saw, maka janganlah engkau mengikuti para pengingkar ayat-ayat Allah swt. [8].

Mereka sangat menginginkan atau mereka berangan-angan jika seandainya engkau bersikap lunak terhadap mereka, yakni tidak melarang mereka menyembah berhala atau engkau merestui sebagian dari kedurhakaan mereka, lalu mereka dengan sikap lunakmu itu bersikap lunak (pula) kepadamu [9].

Untuk lebih mengukuhkan larangan tersebut, Allah swt menyifati mereka dengan sifat-sifat buruk sambil mengulangi larangan-Nya dengan berfirman: Dan janganlah engkau ikuti setiap penyumpah, yakni yang sedikit-sedikit selalu bersumpah, lagi berkepribadian hina, yakni tidak berbudi pekerti luhur [10],

Pencela, yakni banyak mencela pihak lain di belakang mereka, Penyebar/Penghambur fitnah guna memecah belah anggota masyarakat [11], lagi sangat gemar menghalangi terciptanya kebaikan, atau sangat kikir, juga pelampau batas lagi pendurhaka, yakni banyak dosa terhadap Allah swt dan sesama manusia [12] dan kasar. Selain itu, yakni yang lebih buruk lagi adalah ia populer/dengan kejahatannya [13].

Sifat-sifat yang disandangnya itu, menurut ayat 14, lahir karena dia adalah seorang yang dikenal serta merasa diri sebagai pemilik banyak harta dan anak-anak yang banyak lagi terpandang oleh masyaakatnya [14].

Apabila dibacakan kepadanya ayat-ayat Allah swt, ia berkata: “Ini adalah dongeng-dongengan orang-orang
dahulu kala” [15]. Sungguh bejat orang ini. Karena itu, ayat 16 memvonisnya bahwa Kami/Allah swt akan menandainya di atas belalainya, yakni hidungnya yang panjang [16].

Intisari Kandungan Surah Al Qalam Ayat 17-33Next

Halaman 1 2 3


( rmd / rmd )



Twitter Recommendation
Redaksi: ramdhan[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com

Kirim Pertanyaan + Indeks