detikcom
Dewan Pakar
Prof Dr Quraish Shihab
Direktur Pusat Studi Al-Quran.
Jumat, 20/07/2012 15:42 WIB

Quran & Answer

Apa itu Zakat, Infak, & Sedekah?

Alifmagz - detikRamadan
Halaman 1 dari 2
Tanya:

Apa itu sedekah? Apa bedanya zakat dan infaq? Kepada siapa kita sedekah? Apa hukumnya?

(Andina)

Jawab :


Dalam pertanyaan Anda ada zakat, infak, dan sedekah (ZIS). Ketiga kata ini dikenal oleh bahasa Arab sebelum turunnya Alquran dengan makna-makna tertentu. Tetapi, perlu digarisbawahi hakikat yang menyatakan bahwa “bahasa” adalah sesuatu “yang hidup”. Karena itu, selain bisa muncul atau lahir yang baru, kata-kata yang lama pun dapat mati atau tidak digunakan lagi. Kata-kata bisa juga berkembang. Karena itu, maknanya dapat berubah, meluas, atau menyempit.

Alquran dan hadis Nabi tidak jarang menggunakan satu kata dengan makna “baru” yang kurang dikenal sebelumnya oleh pemakai bahasa itu. Di sisi lain, pemakaian sehari-hari dan penggunaan istilah dalam berbagai bidang ilmu melahirkan pula makna-makna baru yang agak berbeda dari makna yang digunakan Alquran dan hadits Nabi. Kata-kata itu, misalnya, adalah “ibadah”, “ulama”, “kafir”, dan sebagainya.

Sementara itu, di kalangan para pakar, dikenal—paling tidak—tiga istilah: apa yang disebut pengertian kebahasaan, pengertian agama, dan pengertian sehari-hari (‘urf).Next

Halaman 1 2


( rmd / rmd )



Twitter Recommendation
Redaksi: ramdhan[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com

Kirim Pertanyaan + Indeks