detikcom
Rabu, 11/01/2012 13:25 WIB

Ada Hakim Suka Tidur Saat Sidang, Ini Komentar MA

Didi Syafirdi - detikRamadan
ilustrasi (ari saputra/detikcom)
Jakarta - Ketua Mahkamah Agung (MA) Harifin Tumpa mengingatkan para hakim agar menjaga profesionalitasnya dalam menjalankan tugas. Banyak aduan terhadap prilaku negatif hakim akan membuat citra lembaga peradilan semakin buruk.

Berdasarkan hasil temuan MAPPI yang menyoroti kinerja hakim kata Harifin, ditemukan lebih dari 100 pelanggaran yang dilakukan oleh hakim di Jakarta dan sekitarnya. Misalnya, ada yang tertidur, ada yang telepon dan ada juga hakim yang tidak membuka sidang untuk umum.

"MA sangat senang dengan kritikan seperti itu. Ini harus memicu agar hakim bekerja lebih profesional," kata Harifin.

Hal ini disampaikannya saat memberi sambutan dalam acara peresmian 35 pengadilan, di PN Jakarta Barat, Jl S.Parman, Jakarta Barat, Rabu (11/1/2012).

Harifin merasa kecewa karena masih ada hakim yang ditangkap KPK karena menerima suap dari pihak berpekara. Dengan begitu lanjutnya, tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga peradilan semakin rendah.

"Ini yang harus dibenahi," katanya.

Di era demokrasi seperti sekarang ini menurut Harifin, masyarakat sudah sangat kritis. Untuk menjawab kritik itu Harifin meminta agar aparat peradilan meresponnya dengan meningkatkan pelayanan.

"Independensi peradilan dan hakim sesungguh harus dijaga, karena masyarakat meminta keadilan," tandasnya.




( did / asp )



Twitter Recommendation
Redaksi: ramdhan[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com

Kirim Pertanyaan + Indeks