detikcom
Minggu, 04/09/2011 15:13 WIB

Meraih Kebaikan Dunia & Segala Isinya

Rikza Maulan - detikRamadan
Halaman 1 dari 3
Jakarta - Dari Aisyah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Dua rakaat salat sunnah fajar, lebih baik daripada dunia dan segala isinya." (HR Muslim, Turmudzi, Nasa'i & Ahmad)

Terdapat beberapa hikmah yang dapat dipetik dari hadits di atas. Di antara hikmah-hikmah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Bahwa seorang Muslim seyogianya adalah seseorang yang memiliki visi jangka panjang, yaitu visi ukhrawi (baca: visi untuk kehidupan akhiratnya kelak). Sehingga dari visi seperti ini, ia akan memiliki orientasi bahwa kebaikan dalam pandangannya adalah kebaikan yang berdimensi pada kebaikan akhirat, bukan hanya kebaikan yang berdimensi untuk benefit duniawi semata.

Karena orang yang memiliki orientasi kehidupan dunia, ia hanya akan mendapatkan dunia saja dan ia tidak akan mendapatkan apapun di akhirat kelak. Sebaliknya, seseorang yang memiliki visi akhirat yang mencari keridhaan Allah SWT, maka ia akan mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat.

Allah SWT berfirman, "Barang siapa yang menghendaki pahala di dunia saja, (maka ia merugi), karena di sisi Allah lah pahala dunia dan akhirat. Dan Allah Maha Melihat lagi Maha Mendengar." (QS An-Nisa' (4): 134)

2. Kendatipun dunia memiliki keindahan yang mempesona, yang terkadang membuat banyak orang terperdaya, namun ternyata ada hal yang jauh lebih baik dibandingkan dengan keindahan dunia yang mempesona dengan segala isinya. Namun justru seringkali kebaikan yang lebih baik daripada dunia ini diabaikan oleh banyak orang.

Karena memang kebaikan ini adalah kebaikan yang tidak tampak oleh kasat mata dan tidak teraba oleh indra manusia di dunia. Ia hanya diyakini oleh mereka-mereka yang memiliki keimanan yang kokoh kepada Allah SWT.Next

Halaman 1 2 3


( gst / vit )



Twitter Recommendation
Redaksi: ramdhan[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com

berita
terbaru
Kirim Pertanyaan + Indeks