detikcom
Dewan Pakar
Dr. H. Asep Usman Ismail, MA
Dewan Pakar Pusat Studi Al Qur'an
Kamis, 01/09/2011 15:45 WIB

Qur'an and Answer

Mengapa Manusia Jadi Khalifah di Bumi?

Alif Magz - detikRamadan
Halaman 1 dari 2
Tanya:
Kenapa manusia diciptakan oleh Allah untuk menjadi khalifah di bumi, jika pada akhirnya apabila dalam mengemban tugas tersebut manusia melakukan kesalahan, maka manusia akan dijatuhi hukuman yang berat? Sedangkan Allah menciptakan manusia dengan berbagai macam karakter dan hawa nafsu yang menyebabkan manusia lalai.

Bahkan secara ekstrem, ada manusia dengan karakter jahat yang meninggal dalam keadaan belum bertaubat, sehingga harus mendapatkan ganjaran di akhirat. Padahal dia tidak ingin dilahirkan ke dunia ini dan mengemban tanggung jawab ini.

Kenapa Allah tidak menjadikan manusia dengan karakter baik saja dan tetap memiliki hawa nafsu namun mengarah pada hal yang baik saja? Sedangkan Allah Maha segalanya dan bisa mewujudkan hal ini.

Saya tidak meragukan keberadaan Allah dan Keesaannya. Saya hanya ingin tahu, kenapa?

(Joko R)

Jawaban:
Tujuan penciptaan manusia yang asasi (fundamental) agar manusia menyadari eksistensi dirinya sebagai hamba ('abid) yang mendorongnya untuk beribadah kepada Allah (QS Adz-dzariyat/51: 56). Inilah yang dinamakan fungsi kehambaan manusia. Selain itu, Allah mendelegasian sebagian otoritas-Nya kepada manusia untuk mengelola bumi dan memakmurkannya untuk kesejahteraan hidup manusia dunia akhirat. Inilah yang dinamakan fungsi kekhalifahan. Dua fungsi ini membawa konsekuensi tersendiri bagi manusia sebagai berikut:

1. Manusia menjadi makhluk yang terhormat yang menyebabkannya berada pada puncak piramida ciptaan Allah;Next

Halaman 1 2


( gst / vit )



Twitter Recommendation
Redaksi: ramdhan[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com

Kirim Pertanyaan + Indeks