detikcom
Kamis, 01/09/2011 11:29 WIB

Qir'an and Answer

Santet dalam Pandangan Islam

Alif Magz - detikRamadan

Tanya:
Saya pergi ke 'orang pintar' karena ada beberapa hal aneh yang saya rasakan. Orang itu mengatakan saya dan suami kena santet dan pelet sehingga usaha suami berantakan. Akhirnya saya dan suami 'dibersihkan' dengan cara dia menuliskan ayat-ayat Al Qur'an di punggung kami.

Sekarang saya bukannya sembuh tapi malah merasa lebih aneh dan saya malah sering terbayang orang pintar yang menolong saya itu. Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi hal ini karena saya merasa hidup saya sia-sia, sementara usaha suami juga tetap belum ada kemajuan.

(Mufi)

Jawab:
Sering kali terjadi bahwa yang disebut 'orang pintar' itu tidak lebih pintar dari kita yang orang biasa. Orang awam. Saya sangat tidak menganjurkan untuk berkonsultasi atau berobat kepada 'orang pintar'. Di dalam Al Qur'an dan Hadis Nabi SAW cukup banyak petunjuk untuk menyelesaikan beragam masalah yang kita hadapi. Tidak termasuk di dalamnya menulis ayat-ayat Al Qur'an di punggung suami atau punggung istri! Ayat-ayat Al Qur'an bukan untuk dibegitukan, Bu!

Saran saya, Ibu dan suami membaca surah al-Fatihah beberapa kali. Pahami maknanya melalui terjemahan, kalau perlu baca pula tafsirnya agar Ibu dan suami mempunyai cukup wawasan tentang kandungan surah al-Fatihah.

Dalam Tafsir Al-Mishbah karya M Quraish Shihab diulas panjang lebar dan mudah dipahami. Cukup banyak pula buku-buku di pasaran yang membahas rahasia surah al-Fatihah. Niatkan setiap kali membacanya untuk memohon kepada Allah agar menepis atau menggugurkan pengaruh negatif dari jampi-jampi 'orang pintar' itu.

Karena di dalam hadis disebutkan bahwa al-Fatihah dapat dibaca dan berpengaruh pada apa yang kita niatkan. Katakan 'tidak' kepada 'orang pintar' seperti itu, walaupun terkadang berpenampilan memakai peci atau menggunakan sorban layaknya seorang ustadz!

Sedangkan untuk kemajuan usaha suami, lakukanlah hal-hal yang lebih rasional. Wallahu a'lam.

(Muhammad Arifin, Dewan Pakar Pusat Studi Al Qur'an)

(Qur'an and Answer merupakan kerjasama detikcom dengan www.alifmagz.com)

( gst / vit )



Twitter Recommendation
Redaksi: ramdhan[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com

Kirim Pertanyaan + Indeks