detikcom
Rabu, 24/08/2011 09:13 WIB

Wujud Setan

Alif Magz - detikRamadan
Jakarta - Setan tidak memunyai bentuk yang pasti kecuali bahwa dia buruk. Keburukannya tidak sepenuhnya dapat dilukiskan, sehingga diserahkan kepada masing-masing orang untuk mengilustrasikan keburukannya.

Namun demikian ada orang yang mengaku pernah bertemu dengan bapak setan, yakni iblis, dan melihatnya dalam bentuk yang sangat menarik. Ia melukiskannya sebagai "seorang tua berpenampilan indah dan berwajah menarik, memakai sepatu yang tidak tinggi, pakaian halus serta tutup kepala yang rapi. Bertongkat perak serta tersembur darinya aroma wangi yang memenuhi ruangan."

Penyair Persia kenamaan, as-Sa'di asy-Syirazi menampilkan setan tidak seperti yang biasa ditampilkan. Katanya ia melihat iblis dalam mimpi, tinggi ramping seperti dahan pohon dengan dua mata bagaikan mata bidadari, penampilannya bagaikan disirami oleh cahaya kenikmatan (syurgawi).

Sa'di sangat heran, bagaimana mungkin yang terkutuk dan dibenci itu berpenampilan indah dan simpatik? Maka, katanya, ia bertanya kepada setan berkaitan dengan keheranannya itu, dan setan menjawab penuh angkuh, "Jangan percaya dengan apa yang dikatakan orang kepadamu tentang aku. Aku dilukis oleh satu kuas yang dipegang seorang musuh yang iri hari. Keindahanku disingkirkannya."

(Hikayat ini merupakan kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)



( gst / vit )



Twitter Recommendation
Redaksi: ramdhan[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com

Kirim Pertanyaan + Indeks
MustRead close