detikcom
Senin, 22/08/2011 15:27 WIB

Surah Al Qadr (2)

Alif Magz - detikRamadan
Jakarta - Inti Sari Kandungan Ayat 4-5
Kebaikan dan kemuliaan Lailat al-Qadr yang disinggung oleh ayat-ayat sebelumnya, dilukiskan lebih jauh oleh ayat 4 dengan menyatakan bahwa pada malam itu silih berganti turun malaikat-malaikat dan Ruh, yakni malaikat Jibril dengan izin Tuhan mereka untuk mengatur banyak urusan. Dampak dari turunnya itu menurut ayat 5 adalah salm, yakni kedamaian dan kesejahteraan yang agung dan besar sampai dengan terbitnya fajar.

Pelajaran yang dapat dipetik dari ayat 4-5
1. Malaikat adalah petugas-petugas yang ditetapkan Allah mengurus berbagai urusan. Kita tidak mengetahui bagimana cara kerja mereka. Salah satu fungsi mereka, menurut al-Qur’an, adalah mengukuhkan mental manusia dan mendorongnya
beramal saleh. Dengan demikian, salah satu indikator pertemuan dengan Lailat al-Qadr adalah terdorongnya seseorang melakukan aneka kebajikan.
2. Sementara kaum sufi memahami arti terbitnya fajar pada ayat ini sebagai terbitnya fajar matahari dari sebelah barat, yaitu yang akan terjadi kelak menjelang kiamatnya dunia sehingga ayat ini mereka pahami bahwa keselamatan, kedamaian, dan kebebasan dari segala bentuk kekurangan terus menerus berlangsung hingga saat terbitnya fajar tersebut. Ini bagi yang beruntung menemui Lailat al-Qadr.

Demikian, wa Allh A‘lam



( gst / vit )



Twitter Recommendation
Redaksi: ramdhan[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com

Kirim Pertanyaan + Indeks