detikcom
Kamis, 19/08/2010 21:20 WIB

Mandi Wajib dengan Air Hangat

Alifmagz - detikRamadan
foto: Ilustrasi
Jakarta - Tanya:
Assalamualaikum wr wb.
1. Apakah diperbolehkan mandi wajib menggunakan air hangat? Mengingat kalau pada bulan puasa setelah kita melakukan hubungan suami istri di malam hari harus bersuci sebelum salat subuh. Saya pernah dengar boleh pakai air hangat tapi syaratnya harus mengguyur kepala dengan air dingin sebanyak tiga kali selanjutnya pakai air hangat.
2. Apakah mandi wajib itu harus selalu keramas memakai shampo atau mengguyur seluruh tubuh dengan air sampai yakin semuanya terkena air. Demikian pertanyaan saya karena saya khawatir jika mandi wajib tidak sah maka amalan yang dikerjakan berikutnya jadi tidak sah juga. Terima kasih. Wassalamualaikum wr wb.

(Punto Wijiyantoro, p_wijiyantoro@yahoo.com)


Jawab:
1. Boleh mandi wajib dengan menggunakan air hangat, apalagi pada cuaca dingin.
2. Keramas pun tidak harus memakai shampoo, asal Anda yakin seluruh bagian tubuh Anda menjadi bersih setelah mandi. Dalam hadits dari Aisyah ra disebutkan, "Jika Rasulullah SAW hendak mandi janabah (junub), beliau membasuh kedua tangannya. Kemudian menuangkan air dari tangan kanan ke tangan kirinya lalu membasuh kemaluannya. Lantas berwudhu sebagaimana berwudhu untuk salat. Lalu beliau mengambil air dan memasukan jari jemarinya ke pangkal rambut. Hingga beliau menganggap telah cukup, beliau tuangkan ke atas kepalanya sebanyak 3 kali tuangan. Setelah itu beliau guyur seluruh badannya. Kemudian beliau basuh kedua kakinya (HR Al Bukhari dan Muslim). Demikian, semoga bermanfaat, wallahu a'lam.

(Muhammad Arifin, Dewan Pakar Pusat Studi al-Qur’an)

(Qur'an and Answer ini merupakan kerjasama dengan www.alifmagz.com)

( gst / ayu )


Komentar (0 Komentar)

     atau daftar untuk mengirim komentar
    Tampilkan Komentar di:        

    Twitter Recommendation
    Redaksi: ramdhan[at]detik.com
    Informasi pemasangan iklan
    Hubungi sales[at]detik.com

    berita
    terbaru
    Kirim Pertanyaan + Indeks
    MustRead close